img

TANAM POHON INI SUPAYA RUMAH MENJADI TEDUH

Tidak hanya desain interior saja yang perlu dipertimbangkan dengan baik ketika membangun rumah. Masih ada hal lain yang harus dipertimbangkan jika ingin membangun rumah nyaman. Yakni membuat area hijau di luar rumah. Salah satu cara untuk mendapatkan area hijau di luar rumah adalah dengan menanam pohon di halaman. Dengan adanya pohon di halaman, rumah juga akan mendapatkan hawa sejuk yang cukup. Jadi perabotan yang ada di dalam rumah tidak mudah berjamur atau lembap. Selain itu, menanam pohon peneduh di luar rumah juga mampu menurunkan suhu lingkungan.

5 Pohon Peneduh Yang Bisa Ditanam

Pohon peneduh sendiri mempunyai daun yang bisa menghalau sinar matahari, debu, sampai polusi udara. Dengan begitu, suasana di sekitar rumah akan lebih segar dan tenang. Nah untuk anda yang tertarik menanam pohon peneduh. Sebaiknya ketahui beberapa jenis pohon peneduh berikut ini.

  • Ketapang Kencana

Merupakan salah satu pohon peneduh yang menjadi idaman banyak pemilik rumah bergaya minimalis. Pohon ketapang kencana ini termasuk tanaman kanopi dengan batang lurus dan ramping. Ranting-rantingnya akan mulai tumbuh di bagian atas. Daunnya sendiri kecil-kecil tetapi tetap rimbun, sehingga terlihat seperti payung. Untuk tingginya bisa mencapai 20 meter. Jangan lupa untuk selalu memangkas daun-daun pohon ini supaya tetap rapi.

  • Kersen

Untuk pohon peneduh ini pun tidak kalah cocok ditanam. Jika anda termasuk orang yang super sibuk setiap harinya, maka pohon kersen menjadi pilihan paling tepat. Jenis pohon peneduh ini bisa tetap tumbuh subur dalam waktu singkat meskipun tidak diberi pupuk atau tidak disiram. Bagian batangnya pun memiliki ukuran sedang dan agak lentur. Sehingga batang-batang ini tidak mudah patah meskipun tertiup angin kencang. Daun pohon kersen ini pun hijau dan lentur, jadi membuat teras menjadi tampak adem. Tinggi pohon ini bisa mencapai 12 meter.

  • Mangga

Siapa bilang jika pohon mangga hanya sebagai pohon buah saja? Nyatanya pohon mangga juga bisa dijadikan sebagai pohon peneduh rumah. Daun pohon mangga ini ukurannya panjang dan rapat satu sama lain. Selain itu jumlah daun pohon mangga ini pun sangat banyak. Untuk tingginya bisa mencapai 10 meter. Apabila anda ingin menanam pohon peneduh ini, jangan lupa rutin memberikan pupuk. Dengan begitu pohon mangga tersebut bisa subur dan menghasilkan buah nikmat.

  • Pucuk Merah

Daun-daun dari pohon ini memang warnanya merah di musim gugur dan terlihat sangat cantik. Tetapi di Indonesia sendiri tidak ada musim gugur. Meskipun begitu ada pohon peneduh pucuk merah yang bisa menciptakan suasana serupa. Dimana saat musim kemarau, bagian atas daun pohon ini berubah kemerahan dan tumbuh sangat lebat. Pohon ini pun memiliki batang yang ramping. Untuk pohon ini pun ada yang ukurannya kecil. Sehingga bisa dijadikan pagar rumah.

  • Flamboyan

Jenis pohon peneduh lain yang bisa ditanam di halaman rumah adalah pohon flamboyan. Dengan menanam pohon ini akan membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya. Sebab pohon ini memiliki warna merah-orange. Jika anda memang seorang pencinta bunga-bunga. Maka pohon flamboyan ini akan memuaskan kegemaran dan mempercantik visual rumah. Pohon ini memiliki sifat tumbuh melebar, oleh sebab itulah membutuhkan halaman yang sedikit lebih luas. Selain itu pohon ini bisa tumbuh lebih tinggi dari rumah tidak bertingkat.

Demikianlah kelima jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di halaman rumah. Dengan begitu rumah akan menjadi lebih adem dan sejuk tentunya.

Categories

Recent post

Tags