img

5 MANFAAT BUAH DELIMA UNTUK KESEHATAN

Buah delima dipercaya mempunyai khasiat mampu menurunkan risiko beragam penyakit. Jenis buah ini memiliki tampilan kulit dan buah yang berwarna merah. Rasanya pun manis sehingga siapa saja pasti suka dengan buah yang satu ini. Kandungan antioksidan dalam buah ini pun mampu membunuh sel kanker payudara. Tidak hanya buah delima saja yang memiliki nutrisi, tetapi biji dan kulitnya pun memiliki kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam buah, biji, dan kulit ini sangat baik untuk tubuh. Dimana memiliki kandungan serat, protein, vitamin K, vitamin C, folat dan kalium. Banyak orang yang mengonsumsi buah delima ini menjadi jus. Karena jus delima merupakan sumber glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang baik.

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis buah ini memiliki kandungan antioksidan punicalagin dengan kekuatan tiga kali lipat lebih banyak dari pada anggur dan the hijau. Punicic acid pada kandungan buah delima pun baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi teratur buah berwarna merah ini bisa menghindarkan tubuh dari beragam penyakit membahayakan kesehatan. Inilah beberapa manfaat jika mengonsumsi buah delima.

  • Membantu melawan kanker prostat

Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker yang biasanya ditemukan pada pria. Studi laboratorium menunjukkan jika ekstrak buah delima ini mampu memperlambat reproduksi sel kanker. Bahkan mampu menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker.

  • Bermanfaat pencegahan kanker payudara

Salah satu jenis kanker yang cukup umum ditemukan pada wanita adalah kanker payudara. Dan buah delima mampu membantu pasien kanker payudara dalam melawan penyakit tersebut. Ekstrak buah delima tersebut mampu menghambat reproduksi sel kanker payudara. Bahkan mampu membunuh beberapa sel kanker tersebut.

  • Mampu menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu pemicu utama terjadinya stroke atau serangan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan jika pasien hipertensi bisa mengalami penurunan tekanan darah signifikan setelah mengonsumsi 5 ons (150 ml) jus delima. Yang mana dikonsumsi setiap hari selama dua minggu. Penelitian lain pun juga menunjukkan efek yang serupa. Terutama pada tekanan darah sistolik, yang menjadi angka lebih tinggi dalam pembacaan tekanan darah.

  • Melawan arthritis dan nyeri sendi

Arthritis sendiri memiliki beberapa jenis, yang mana kebanyakan melibatkan peradangan pada persendian. Delima sendiri memiliki sifat antiimlamasi, sehingga mampu membantu mengobati radang sendiri. Ekstrak buah delima sendiri mampu memblokir enzim yang diketahui mampu merusak sendi pada penderita osteoarthritis.

  • Membantu mengobati disfungsi ereksi

Kerusakan pada oksidatif bisa merusak aliran darah pada semua area tubuh, termasuk jaringan ereksi. Dan jus buah delima mampu membantu meningkatkan aliran darah dan respons ereksi. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 53 pria dengan gangguan disfungsi ereksi. Delima ini tampaknya mempunyai manfaat. Meskipun hasil yang didapatkan tidak signifikan secara statistik.

  • Membantu meningkatkan daya ingat

Beberapa bukti menunjukkan jika buah delima ini mampu meningkatkan daya ingat. Sebuah studi dilakukan pada pasien bedah, 2 gram ekstrak buah delima mampu mencegah penurunan memori setelah di operasi. 28 orang dewasa di kelompok usia senja dengan keluhan penurunan daya ingat yang mengonsumsi 8 ons jus delima setiap hari. Pun juga secara signifikan mampu meningkatkan penanda memori visual dan verbal.

Khasiat Dari Buah Delima

Demikianlah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsi buah delima. Tentunya beberapa hal diatas bisa menjadi alasan untuk lebih sering mengonsumsi buah satu ini.

Categories

Recent post

Tags